Pengertian Sampai Riwayat VGA Card

Pengertian Sampai Riwayat VGA Card

Pengertian Sampai Riwayat VGA Card(Video Graphics Adapter) ialah satu piranti keras computer yang berperan mengartikan penampilan ke monitor monitor.

VGA kerap dikatakan sebagai kartu grafis. VGA dipakai untuk merujuk ke resolusi monitor memiliki ukuran 640×480.

Pengertian Sampai Riwayat VGA Card

Apa saja Pengertian Riwayat dari piranti keras kartu grafisnya atau VGA Card. Untuk proses design grafis atau memainkan permainan video, dibutuhkan kartu grafis yang memiliki daya tinggi.

Baca Juga: Pembahasan Scanner Secara Umum

Disamping itu, VGA dapat merujuk ke konektor VGA 15-pin yang dipakai secara luas untuk mengantar signal video analog ke monitor. Standard VGA dengan cara resmi diganti oleh standard XGA, tapi kenyataannya VGA malah diganti oleh Super VGA.

Riwayat VGA Card

Pada suatu PC ada 3 elemen yang penting dalam soal performa grafis, elemen itu yakni : prosesor, momory dan VGA. VGA ( Video Graphics Adapter) sebagai standard penampilan computer analog. Pada VGA dapat disimpulkan sebagai elemen yang pekerjaannya hasilkan visual dari computer dan hardware yang emberikan perintah ke computer untuk tampilkan keluaran visual yang bisa kita saksikan.

Pengertian Sampai Riwayat VGA Card pertama kalinya ditawarkan di tahun 1987 oleh International Bushiness Machines Corporation yang di singkat jadi IBM. IBM adalah perusahaan AS yang menghasilkan atau membuat piranti keras dan piranti lunak.

Perubahan VGA Card

Sekarang ini tehnologi telah makin maju dan berkembang, beberapa developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai tingkatkan kekuatan mereka dalam hasilkan sebuah vga card yang baik. Berikut ialah contoh-contoh vga card dari yang pertama sampai yang saat ini :

  1. S3 ViRGE

Kepanjangan dari “ViRGE ialah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini sebagai angkatan pertama kali yang sudah memakai tehnologi 3D diagram. S3 ViRGE mempunyai spec. 64-bit tawarkan 4 MB memori onboard, core dan memori clockspeeds up to 66 MHz, dan sudah memberikan dukungan sejumlah fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D struktur yang lain.

  1. ATI RAGE 3D dan RAGE II

ATI RAGE II mempunyai spec. 32-bit memori bis, dan memorinya cuman 2 MB. Karena kekurangan yang ada di ATI RAGE 3D karena itu dibuatlah lagu seri ke-2nya yang dinamakan RAGE II yang mempunyai spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memori bis, memori clockspeeds up to 60 MHz, dan memberikan dukungan kekuatan untuk memutar DVD Playback.

  1. NVIDIA NV3

VGA ini ialah bikinan pertama dari Nvidia, vga ini dibikin dengan design tehnologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 mempunyai spec. 4 MB memori, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan memberikan dukungan AGP 2x.

  1. NVIDIA NV4

VGA ini merupaka penerus dari NVIDIA NV3, tetapi NVIDIA NV4 tidak ada tambahan yamh berarti dalam spec. seperti memori maksimal ditambahkan jadi 16 MB dan memiliki clockspeeds pada 110 MHz, tapi Nvidia manambahkan beberapa kekuatan pada NVIDIA NV4 seperti tehnologi “second piksel pipeline”, 32-bit true colors, dan feature Trilinear filtering.

  1. NVIDIA GEFORCE 256

VGA Nvidia ini mempunyai kecepatan perform 2 kali bisa lebih cepat dibanding beberapa seri awalnya, vga ini mempunyai spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah feature namanya “cube environment mapping” yakni yang gunanyauntuk membuat dampak real time reflection.

  1. NVIDIA GEFORCE SERIES 2

Ini sebagai vga Nvidia pertama kali yang mendatangkan feature baru, yakni piksel shader dengan panggilan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.

  1. ATI RADEON R520

VGA ini mendatangkan spec. memori yang lebih efektif, kualitas gambar yang lebih bagus dan perform yang maksimal. Disamping itu vga ini mempunyai feature seperti kekuatan High Dynamic Kisaran (HDR) lighting.

  1. NVIDIA GEFORCE 9 SERIES

VGA ini sebagai keluaran dari Nvidia yang terpopuler dilapisan warga, karena terhitung vga “High End” dan yang terpopuler yakni NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang mempunyai 128 stream prosesor, dan 256-bit memori bis.

  1. NVIDIA GEFORCE 200 SERIES

VGA ini mempunyai chipset keluaran terkini dari Nvidia sukses memaukkan 1.4 billion transistor ke GPU. VGA ini sebagai seri Nvidia yang paling terkencang dan kekuatan yang powerful. (masyarakat, 2012).

Peranan VGA Card

Dengan bahasa simpel Video Graphic Adapter memiliki peranan mengganti signal digital dri computer jadi penampilan diagram di monitor monitor atau Kartu VGA untuk mengartikan output (keluaran) computer ke monitor untuk menggambar atau desain graphic atau untuk bermain games.

Kartu grafis yang juga dikenal sebagai kartu video ini sebagai sisi dari piranti keras yang diinstall dalam computer dan bertanggungjawab untuk rendering gambar pada monitor computer atau monitor penampilan.

Tipe-Jenis VGA Cad

Adapun untuk beberapa jenis VGA pada computer mencakup yakni:

  • VGA Onboard

VGA onboard ialah unit pemroses yang sudah bersatu pada motherboard, karena itu VGA card tidak dibutuhkan kembali. Kehadiran chipset VGA onboard tidak memiliki sifat masih, karena VGA onboard bisa ditata tidak untuk aktif bila pemakai ingin menempatkan VGA card yang diinginnya.

Semenjak IBM PC lahir di tahun 1981 hampir semua PC memiliki memory terpisah untuk frame buffer, yakni block memory di mana gambar yang keluar di monitor monitor dipetakan. Ini bukanlah permasalahan untuk mekanisme yang mempunyai video monochrome bebasis watak. Karena frame buffer yang dibutuhkan cuman 2 KB.

Tapi GUI (Graphical Pemakai Interface) yang berbasiskan kekinian yang membutuhkan monitor bit mapped yang bersolusi tinggi dan warna sejati benar-benar rakus memory. Monitor memiliki resolusi 640 x 480 piksel dengan warna 8 bit minta frame buffer sejumlah 300 KB, sementara monitor memiliki resolusi 1024 x 768 piksel dengan warna 24 bit membutuhkan memory sejumlah 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated memiliki ukuran masih.

Tidak peduli model monitor yang dipakai frame buffer harus sanggup menampung resolusi tertinggi dan kedalaman warna terbaik yang bisa disokongnya. Software tidak dapat manfaatkan memory tersisa dari frame buffer meskipun yang dipakai ialah resolusi rendah dan 16 warna. Ini pemicunya oleh langkah pemaketan Video dan konfigurasinya dalam sub mekanisme grafis yang khusus. Dengan begitu, ber- Mega-mega byte memory tersia-siakan. UMA (Unified Memory Architecture) menjadikan satu frame buffer dengan memory khusus.

  • VGA Card (dengan kartu VGA)

Semenjak mekanisme PC IBM pertama, di dalam computer tentu ada unit kartu grafis, entahlah itu CGA, EGA, MCGA , VGA, atau lainnya. Dengan memakai kartu VGA bukan onboard maka didapat performa yang lebih bagus dibanding mekanisme yang memakai UMA (Unified Memory Architecture). Bila dahulu sebuah kartu grafis 8 bit dengan memory 512 KB yang bisa tampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 cukup, karena itu saat ini tak lagi. Keperluan minimum untuk computer multimedia ialah kartu diagram 64 bit dengan memory 1 MB.

Tipe-Jenis VGA Berdasar Slotnya

Terdiri dari:

  1. Jenis VGA AGP

Tipe VGA AGP, awalnya dibikinnya VGA AGP, karena kenaikan yang berarti pada transfer data dari memori, cpu ke perlengkapan display, hingga dibuatkan slots AGP untuk menempatkan VGA tipe AGP. VGA AGP dikeluarkan berdasar nilai voltase yang dipakai, yakni agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedang 4x dan 8x 1,5 volt. berikut gambar VGA AGP.

  1. Jenis VGA PCI

Tipe VGA PCI, VGA card ini dapat dipakai dengan menempatkan pada slots PCI, vga tipe ini telah jarang-jarang sekali dipakai, karena kebatasan feature, ciri-cirinya ialah sisi slot-nya di bagian depan ada coakan, dan tipe pin-nya lempeng secara vertikal, lebih detilnya saksikan gambar ini.

  1. Jenis VGA PCI Kilat

Tipe VGA PCI Kilat, perubahan slots PCI seterusnya mempunyai kekuatan yang mengagumkan, bernama PCI Kilat, direncanakan untuk menempatkan perlengkapan-peralatan canggih, 2 versus slots PCI Kilat yang populer ialah PCI Kilat 1 x dan 16 x, PCI Kilat 16 x dipakai khusus untuk menempatkan VGA tipe PCI Kilat, dan 1x untuk kepentingan menempatkan perlengkapan-peralatan tambahan. Ciri-ciri fisik VGA tipe PCI kilat dengan menyaksikan memiliki bentuk yang mempunyai wujud kontradiksi dari PCI biasa. berikut slots dan VGA PCI Kilat.

Langkah Kerja VGA Card

Saat program yang digerakkan ingin membuat sebuah citra, program itu akan minta dana untuk driver kartu grafis. Driver grafis akan dengarkan perintah, baik dari OS atau dari program, selanjutnya ambil data digital yang dibutuhkan dan mengkonversikannya jadi sebuah pola yang dipahami oleh kartu grafis itu.

Kemudian, driver salurkan data digital yang baru diformat itu ke kartu grafis untuk lakukan rendering. Data itu berjalan ke arah kartu VGA lewat slots pada motherboard (AGP/PCI-E)

Sesudah diteruskan ke kartu grafis, data akan dikirim ke memory kartu grafis sebagai area untuk menyimpan sebentar. Selanjutnya GPU akan ambil data digital itu lalu menggantinya jadi piksel.

Di titik ini, piksel tidak siap untuk diperlihatkan ke monitor. Piksel itu akan dikirimkan balik ke Video RAM untuk tersimpan. VRAM tersambung langsung pada digital-to-analog converter(DAC). Converter ini biasa disebutkan RAMDAC yang bekerja menterjemahkan gambar ke sinyal analog supaya bisa dipakai oleh monitor. Seterusnya, RAMDAC mengirim gambar final ke monitor lewat kabel.

Komponen-Komponen VGA Card

Pada intinya elemen VGA terbagi dalam.:

  • GPU ( Graphic Prosesor Unit) atau VPU ( Visual Processing Unit), berperan untuk mengolah signal gambar yang akan diperlihatkan ke monitor. Sebelumnya VGA dimaksimalisasi untuk 2D (diagram dua dimensi) tetapi perubahan saat ini banyak dimaksimalkan untuk 3D. GPU berupa chipset yang telah tertancap pada VG board.
  • Video Memori, berbentuk RAM dengan kemampuan tertentu. VGA terkini memiliki kemampuan memory yang besar dan cepat. Peranan khusus dari video memori sebagai area untuk menyimpan frame buffer.
  • RAMDAC (acak Access Memori Digital-to-Analog Converter), chip untuk mengganti signal analog jadi digital. Info gambar yang akan diperlihatkan disimpan sementara pada video memori (RAM) dalam data digital. Untuk tampilkannya ke monitor analog, RAMDAC akan membaca isi video memori, ubah data digital jadi signal analog, dan mengirimkan lewat kabel video ke monitor. Elemen berikut yang tentukan refresh rate dari kartu video.